Macam-macam Alat Tulis Kantor dan Fungsinya
1. Kertas
Kertas merupakan salah satu perlengkapan
kantor yang dibutuhkan untuk menulis, mencetak maupun menggambar. Bagi
banyak perusahaan, kertas memiliki banyak kegunaan sehingga kertas
hampir menjadi kebutuhan pokok untuk menopang aktivitas kantor. Kertas
yang umum digunakan untuk perlengkapan kantor ini biasanya jenis HVS (Houtvrij schrijfpapier) ukuran A4 (21 cm x 29.7 cm) dan F4/folio (21.6 cm x 33 cm), dengan ketebalan mulai dari 70-100 gram. (baca juga : Berbagai Ukuran Kertas Standar Internasional)

2. Pensil dan Penghapus
Pensil merupakan salah satu perlengkapan
kantor yang dapat digunakkan sebagai sarana menulis maupun menggambar
untuk mengungkapkan beberapa ide ataupun gagasan diatas kertas. Sifatnya
yang fleksibel (mudah digunakan dan dihapus) pensil sering dipakai
dalam perancangan yang belum final (sementara), berbagai pemikiran yang
ada bisa diungkapkan diatas kertas dan dapat dihapus jika tidak
diperlukan. Ada banyak jenis dan ukuran pensil yang bisa digunakan,
secara umum pensil yang sering dipakai adalah yang berukuran HB dan 2B.
Perbedaan ukuran ini terletak pada pekat-tidaknya goresan yang
dihasilkan. Untuk beberapa kebutuhan tertentu (misalnya desain dan
arsitek), beberapa perusahaan ada yang menggunakan pensil jenis mekanik
yang memiliki ukuran ketebalan yang stabil.

3. Pulpen
Pulpen (dari bahasa Belanda: vulpen)
adalah peralatan yang sering digunakan untuk menulis di atas kertas.
Alat ini berupa mata pena berujung tajam yang dilengkapi pegangan berisi
kantong tinta yang bisa diisi kembali. Dalam perkembangannya, alat
tulis ini tersedia dengan berbagai varian seperti Pulpen fountain, Pulpen Ballpoint, pulpen gel, Pulpen Rollerball dan Pulpen Hi-Tecpoint. Masing-masing
varian pulpen memiliki tingkaan harga dan kualitas yang berbeda,
beberapa kalangan pebisnis pulpen bisa menjadi salah satu hal yang dapat
meningkatkan citra personal.
4. Tipe –X
Tipe-X merupakan sebuah alat yang lazim
digunakan untuk menghapus tulisan di atas kertas yang ditulis dengan
pulpen ataupun hasil print-out. Tipe-X ini berbentuk cairan
putih yang biasanya dikemas dalam botol kecil dengan ujung botol
meruncing yang juga berfungsi sebaga landasan untuk menghapus.
5. Penjepit kertas
Penjepit kertas atau yang sering disebut paper-clip adalah perlengkapan kantor yang berguna untuk menyatukan lembaran kertas untuk jangka waktu sementara. Paperclip memiliki bentuk kecil dengan beragam warna yang bisa mudah dilepas. (baca juga : Aneka Macam Jenis Kertas Dalam Percetakan)

Selain Paper-clip yang terbuat
dari kawat yang dibengkokkan, ada juga jenis penjepit kertas lain yang
digunakan untuk menyatukan kertas dengan jumlah yang lebih banyak.
Penjepit kertas jenis ini biasa disebut Binder-clip, memiliki ukuran yang lebih besar dan daya jepit yang lebih kuat.

6. Tinta printer
Ada banyak sekali jenis tinta printer
yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai keperluan kantor, penggunaan
jenis tinta sangat tergantung dengan kebutuhan mesin printer yang
digunakan. Beberapa jenis printer biasanya akan menggunakan tinta yang
berbeda, misalnya printer Dot Matrix akan berbeda kebutuhan tintanya dengan printer jenis Inkjet Printer, LaserJet, maupun Thermal printer. Secara umum tinta printer memiliki 4 warna primer sesuai standar cetak, yakni Cyan, Magenta, Yelow dan Key/Black (CMYK). Perbedaan jenis tinta printer biasanya juga akan mempunyai hasil dan kualitas yang berbeda juga. (baca juga : Aneka Jenis Printer Untuk Kantor Menurut Fungsinya)

7. Flashdisk, Memory-card dan Eksternal Hardisc
Alat-alat ini berfungsi untuk penyimpanan data-data digital selain di komputer. Selain untuk media penyimpanan juga berfungsi untuk memindahkan data-data digital dari komputer satu dengan komputer lainnya. Perlengkapan kantor yang berupa Flashdisk, Memory-card dan Eksternal Hardisc ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda.
8. Tempat Kartu Nama
Kartu nama merupakan benda kecil yang
berguna sebagai media promosi dan sekaligus sebagai kartu identitas yang
mewakili perusahaan. Selain dapat dibawa kemana-mana untuk menjalin
relasi, kartu nama biasanya juga selalu ada di meja kantor dengan wadah
khusus. Tempat kartu nama bisa beragam bentuk dan bahan yang digunakan,
mulai dari bahan mika, kayu, logam dan lain sebagainya. (Baca juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Unik)

9. Kop Surat
Bagi perusahaan yang ingin usahanya
berkembang dan terus maju, kop surat menjadi salah satu perlengkapan
kantor yang harus disediakan guna memenuhi kebutuhan korespondensi
kantor. Kop surat selain bisa sebagai alat untuk menunjukkan identitas
perusahaan, perlengkapan ini juga efektif digunakan sebagai media
promosi melalui surat. (Baca juga : Cara Membuat Kop Surat Perusahaan)

10. Amplop
Amplop menjadi salah satu perlengkapan
kantor yang berguna untuk membungkus surat. Selain berfungsi sebagi
pembungkus amplop ini juga bisa digunakan sebagai media promosi dan
meningkatkan citra perusahaan melalui surat. Amplop yang difungsikan
sebagai branding usaha biasanya akan dibuat dengan desain yang menarik
agar mampu memunculkan kesan yang baik bagi penerimanya. Berbagai bahan
dan bentuk bisa dieksplorasi agar mampu tampil beda dengan amplop yang
dimiliki perusahaan pesaing. (baca juga : Amplop Surat Untuk Media Promosi Beserta Contohnya)

11. Stop Map
Stopmap merupakan salah satu
perlengkapan kantor yang digunakan untuk menyimpan kertas ataupun
dokumen agar tidak terlipat atau tertekuk. Stopmap atauu yang
sering disebut dengan sebutan Map atau folder juga bisa
digunakan untuk mengklasifikasikan setiap dokumen berdasarkan kategori
yang berbeda, perlengkapan ini sangat membantu mengorganisir kertas
dokumen. Stopmap biasanya terbuat dari plastik atau kertas tebal yang
juga bisa difungsikan sebagai cover sebuah dokumen, Tidak ada ukuran
baku dalam membuat stopmap, secara umum memiliki ukuran yang teah
disesuaikan dengan ukuran kertas A4 atupun F4. Bagi banyak perusahaan
stopmap banyak dimanfaatkan juga sebagai alat promosi, dicetak dengan
teknik fullcolor yang menampilkan identitas brand atau corporate identity perusahaannya.

12. Penggaris
Penggaris merupakan salah satu alat
kantor yang berfungsi sebagai pengukur sekaligus alat bantu gambar yang
mampu menghasilkan garis lurus. Adda banyak macam penggaris yang bisa
digunakan dalam aktivitas kantor, dari mulai yang lurus sampai yang
berbentuk segitiga (segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku
30°–60°). Penggaris dapat terbuat dari plastik, logam dan sebagainya.

13. Stapler
Stapler adalah alat untuk menyatukan
sejumlah kertas dengan cara memasukkan isi stapler, isi biasanya
memiliki bentuk huruf “U” yang terlipat di bagian bawah kertas bila
panjang kedua ujung isi stapler melebihi tebal kertas. Stapler memiliki
banyak ukuran dan cara penggunaannya.

14. Gunting
Dalam kantor keberadaan gunting juga
tidak kalah penting, alat ini bisa digunakan untuk memotong bahan yang
tipis seperti kertas, plastik tipis, tali, kain atau yang lainnya.
15. Perforator
Alat yang digunakan untuk melubangi suatu kertas atau dokumen, biasanya alat ini digunakan untuk melubangi suatu dokumen sebelum dokumen tersebut diarsipkan atau disimpan.
16. Perekat
Perekat yang dimaksud disini merupakan alat perekat untuk kertas, hal ini bisa berupa Lem ataupun solatip (Scoth tape).
17. Dan Lain-lain
Beberapa peralatan yang telah disebutkan diatas merupakan standar minimal yang harus ada ketika ingin membeli perlengkapan kantor, untuk lebih lengkapnya silahkan melihat gambar di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar